Thursday, May 4, 2017

STRATEGI DALAM MENJAWAB SOAL STRUCTURE PADA TOEFL ATAU IBT

Structure merupakan salah satu soal yang terdapat pada Toefl atau IBT. Tentunya memerlukan strategi dalam menjawab soal structure pada Toefl atau IBT agar dapat hasil yang baik. Sesuai dengan judul blog kali ini akan saya sampaikan mengenai strategi dalam menjawab soal structure pada Toefl atau IBT:

1. Perhatikan Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)


Preposisi selalu diikuti kata benda (noun), bukan kata kerja (verb). Kata benda tersebut berlaku sebagai objek. Kata benda ini dapat berupa noun (kata benda), proper noun (nama), pronoun (kata ganti), noun group/noun phrase (kelompok kata kerja), dan gerund (kata kerja yang dibendakan).  Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan penjelasan berikut.
Preposisi yang diikuti kata benda tersebut, seperti as, in, at, of, to, by, behind, on, dan sebagainya, untuk membentuk frase preposisional. Daftar preposisi lainnya yang biasa digunakan dapat Anda lihat dalam apendiks
Perhatikan kalimat berikut.
    (After his exams) Tom will take a trip (by boat).
Kalimat di atas mengandung dua objek preposisi. Exams (ujian) adalah objek dari preposisi after. Sedangkan boot (perahu) adalah objek preposisi by.
Sebuah objek dari preposisi juga dapat menimbulkan kebingungan dalam pertanyaan tes TOEFL STRUCTURE. Sebab, bisa saja Anda mengira objek tersebut sebagai subjek dalam sebuah kalimat.
Perhatikan contoh berikut.
    With his friend________ found the movie theater
    (A)    has
    (B)    he
    (C)    later
    (D)    when
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found  sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he,  adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.
INGAT
Cara menjawab soal TOEFL Structure nomor ke-2 adalah "Perhatikan Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)". Strategi dan penjelasan lengkapnya dapat dilihat di software belajar TOEFL.

RUMUS JAWABAN CARA 2
Berikut ini rumus pembentukan preposisi.
( [Subject+Verb] + Prepositions + Noun )

2. Hati-hati dengan present participles (V-ing)


Verb + ing akan berfungsi sebagai verb jika to be + V-ing
Contoh: The man is talking to his friends (verb)
The man talking to his friends has a bread (adjective), verb-nya adalah has

3. Hati-hati dengan past participle (V3)


V3 akan berfungsi sebagai verb jika to be + V3
Contoh: The family has purchased a television (verb)
The television purchased yesterday was expensive (adjective), verbnya adalah was
Contoh soal:
The packages ______ mailed at the post office will arrive Monday
a. Have
b. Were
c. Them
d. Just
Jawabannya adalah (d) Just. Karena jika kita telusuri kalimat dalam soal terdapat verb (will arrive) dan tidak ada conjungtion. Jadi, kita hanya membutuhkan pelengkap. Jawaban (a) dan (b) merupakan verb, sedangkan jawaban (c) merupakan subject. Jika jawaban (c) dimasukkan dalam kalimat maka akan terjadi double subject dan them tidak memiliki fungsi dalam kalimat.




4. Hati-hati dengan Appositive (menjelaskan kata sebelumnya)

 


Appositif (App) memiliki bentuk sebagai berikut:
APP,___________ (jika ada (,) di depan maka di depan koma adalah App)
____,App,__________ (Jika berada ditengah maka akan diapit oleh 2 tanda (,))
______________,App (Jika ada (,) dibelakang maka App berada setelah tanda (,))
Contoh soal:
__________,George, is attending the lecture
a. Right now
b. Happily
c. Because of the time
d. My Friend
Jawabannya adalah (d) my friend. Karena pada kalimat tersebut memiliki 1 verb (is attending) dan tidak ada conjungtion, sedangkan George merupakan Appositife. Jadi, kalimat tersebut membutuhkan subject yaitu My friends. Untuk jawaban (a) merupakan keterangan, (b) merupakan Adverb, (c) merupakan preposisi.

Sumber:


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.